Tentang

 

LARAS – Studies of Music in Society adalah sebuah komunitas studi tentang musik dalam masyarakat. Didirikan pada tahun 2014 oleh musisi/peneliti Rizky Sasono dan Leilani Hermiasih, LARAS berangkat dengan menelisik kelindan musik dalam masyarakat melalui berbagai program yang melibatkan peneliti, praktisi musik serta akademisi. Menggandeng publik untuk melihat isu-isu terkait keberadaan musik dalam masyarakat, aktivitas LARAS meliputi kajian-kajian yang beragam serta diseminasi informasi.

Kelompok Kerja

Heditia S. Damanik

Heditia S. Damanik

Heditia merupakan alumnus Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional UGM. Ia sempat menjadi wartawan di media lokal Radar Jogja (2011-2014). Saat ini selain aktif di LARAS sebagai koordinator forum diskusi Preliminary Notes dan pengelola perpustakaan, ia juga menjadi analis berita di salah satu perusahaan media monitoring berbasis di Jakarta dan Jogja. Heditia memiliki ketertarikan pada kajian musik dan audiens, kajian media dan diplomasi kemanusiaan.

Irfan R. Darajat

Irfan R. Darajat

Penulis lagu dan peneliti musik. Lulusan Jurusan Ilmu politik dan Pemerintahan UGM. Melanjutkan studinya di Kajian Budaya dan Media UGM. Tertarik pada kajian musik dan politik, terutama pada musik dangdut, lagu cinta, dan lagu protes. Buku pertamanya berjudul Nyanyian Bangsa: Telaah Musik Sujiwo Tejo dalam Menghadirkan Wacana Identitas dan Karakter Bangsa (Penerbit Polgov, 2014).

Michael H. B. Raditya

Michael H. B. Raditya

Lulus dari Antropologi Budaya, serta Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, UGM. Bekerja sebagai editor Jurnal Kajian Seni – UGM. Turut aktif di pelbagai komunitas, seperti: REPERTOAR (co-founder), LARAS – Studies of Music in Society, dan SENREPITA. Meneliti dan menulis untuk ranah seni pertunjukan, kritik, musik, tari, serta budaya pada pelbagai media, seperti: buku, jurnal, prosiding, majalah, koran, website, dsb. Serta mengeditori beberapa buku terkait musik dan tari.

M. Rizky Sasono

M. Rizky Sasono

Rizky Sasono adalah penyanyi / penulis lagu / dramaturg Risky Summerbee & the Honeythief yang didirikannya tahun 2007. Selain itu ia juga menjadi bagian dari Teater Garasi / Garasi perfomance Institute sejak 2001. Mengenyam pendidikan S-1 Sastra Prancis dan kemudian program Masters di Kajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa – Universitas Gadjah Mada, ia tertarik dalam mengkaji isu-isu yang berkait dengan musik populer, festival, politik budaya dan transnasionalisme.
Rugun Sirait

Rugun Sirait

Masih duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswi Antropologi Budaya UGM dan berpartisipasi sebagai asisten peneliti di Lab Antropologi Untuk Riset dan Aksi. Selain di dalam kampus, beberapa kegiatan luar kampus seperti diikutinya seperti FFD, Terror Weekend dan Proyek Resonansi. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan adalah menulis, berdiskusi dan menyeleksi musik untuk Princess Xiaomi.

M. Farras

M. Farras

Eliesta Handitya

Eliesta Handitya

Ferdhi F. Putra

Ferdhi F. Putra

Lulus dari jurusan ilmu politik dan pemerintahan sebuah universitas di Yogyakarta, namun terjerumus di kajian media alternatif, musik dan subkultur. Oh, juga meminati kajian anarkisme di Indonesia. Ikut memprakarsai media daring Serunai.co. Beberapa tulisannya dapat dilihat di akun Academia-nya. Bisa dihubungi lewat ferdhi@riseup.net.