Programs

 

Preliminary Notes

Forum Peneliti

Klab Studi

Dalam telisik isu dan penyebaran pengetahuan, program LARAS terdiri dari tiga klaster yang terdiri dari Kajian Musik dalam Masyarakat, Partisipasi Publik dan Diseminasi Informasi. LARAS memberlangsungkan wacana aktual yang berlangsung dalam masyarakat melalui aktivitas diskusi Preliminary Notes yang menghadirkan praktisi musik dan akademisi untuk membuka kemungkinan kajian yang lebih lanjut.

Dalam mengembangkan isu-isu dan fenomena musik dalam masyarakat, LARAS mengajak peneliti muda dan praktik musik untuk mewacanakan temuan-temuan melalui Forum Peneliti. Dengan cara peer review, para peneliti musik ini dapat mengaktualisasikan dan mengembangkan penelitiannya.

Sebagai pantulan dalam penelitian, maka perlu diadakannya refleksi atas teori-teori dalam penelitian musik. Dalam program Klab Studi, LARAS memfasilitasi pengkaji dan publik yang tertarik dalam penelitian musik untuk memperdalam beberapa pemikiran musik dari Theodor Adorno, Jonathan Sterne dan David Byrne.

LARAS juga membuka ruang untuk program residensi bagi peneliti dan musisi baik nasional maupun internasional dengan fasilitasi ruang residensi di pusat kota Yogyakarta. Pelaku residensi akan mendapatkan arahan dan pantulan dari sumber daya Laras dalam melakukan programnya.

  • Diskusi Preliminary Notes
  • Forum Peneliti
  • Klab Studi
  • Residensi Musisi/Peneliti

 

Selain program reguler di atas, LARAS juga memberlangsungkan beberapa penelitian yang diinisiasi oleh peneliti LARAS. Dalam hal ini, peneliti LARAS Leilani Hermiasih, Rizky Sasono, Michael H. B. Raditya, Irfan R. Darajat, dan Heditia Damanik sedang mengkaji beberapa tema penelitian dalam tema musik populer dan gamelan kontemporer.